Memaksimalkan Linux Mint Untuk Sehari – hari


Bagaimana Anda memaksimalkan sesuatu agar terbiasa dan menjadi yang utama? Bahasa kerennya default sehari – hari misalkan sistem operasi. Tidak hanya pada Linux Mint seperti pada judul artikel ini. Penulisan artikel ini ditujukan juga secara umum pengguna sistem operasi berbasis GNU/Linux. Beberapa orang pastinya berbeda – beda untuk memanjakannya, dari sinilah menjadi bahan utama sebagai jurus memaksimalkan sistem operasi GNU/Linux untuk keseharian Anda.

Dari Pertama Instal Sistem Operasi

Apa yang sudah dilakukan? Bermain game? Memutar musik atau video? Browsing dengan web browser bawaan? Customes desktop? Ataukah Anda belum melakukann apa – apa. Sangat rugi sekali jika Anda belum melakukan apa – apa setelah menginstal sistem operasi GNU/Linux (sebut saja misalkan Linux Mint).

Seringkali saya menjumpai pernyataan seperti ini. “Saya belum ngapa – ngapain setelah instal, terus malah balik lagi ke windows”. Sepertinya pernyataan itu Anda juga sering mendengar dan menjumpainya. Kenapa hal ini terjadi? Satu hal yang pasti menurut saya adalah masih ada paradigma (embel – embel) windows. Dari sinilah pengguna/user yang baru menginstal merasa bingung dan takut.

Merasa bingung;
Kenapa? Forum di dunia internet sangat banyak yang dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah kebingungan tsb. Mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dll apa Anda tidak sedikitpun mengetikan “bagaimana setelah instal sistem operasi Linux?. Bagaimana… bagaimana dan bagaimana.. “

Merasa takut;
Takut ini berartian bahwa Anda takut tidak bisa mengoperasikan aplikasi berbasis windows. Kenapa saya artikan seperti itu? Anda sudah tahu sendiri jawabannya.

Dari pertama instal point yang sangat penting adalah mengupdate dan mengupgrade sistem operasi yang telah diinstal. Bagaimana caranya?

Menggunakan mesin pencari google,
ketikan kata kunci “cara update dan upgrade sistem di Linux”

Permasalahan pada internet.
Jangan khawatir dengan internet. Jika tidak ada Anda bisa minjem modem, atau pakai ponsel Anda yang canggih untuk dijadikan modem, atau hotspot area yang gratisan, segala macem pastinya akan terwujud jika ada usaha.

Untuk caranya, buka aplikasi terminal di menu accessories > terminal. Atau tekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + T (tanpa tanda plus). Ketikan perintah di bawah ini:

$ sudo apt-get update [lalu enter dan masukkan password root Anda] jika sudah selesai lanjut,
$ sudo apt-get upgrade

Proses update dan upgrade memerlukan waktu yang cukup lama. Tergantung pada kecepatan koneksi internet yang sedang dipakai. Jika sudah selesai, restart komputernya.

Sesudah Update & Upgrade
Apalagi yang harus saya lakukan setelah update dan upgrade? Anda bisa menggunakan aplikasi yang sudah ada untuk keseharian Anda atau menambah aplikasi dengan menginstalnya secara manual. Dari memutar musik/video, menjelajah internet, mengetik, mendesain, mengedit foto, bermain game, dan masih banyak lagi.

Memutar musik atau video
Aplikasi yang sudah ada untuk memutar musik yaitu banshee. Aplikasi ini bisa Anda gunakan memutar musik sekaligus video. Sementara itu untuk memutar video bisa menggunakan aplikasi videos. Inilah gambar dari kedua aplikasi tersebut.

bansheeGambar Banshee

videosGambar Videos

Membuka file manager
Anda berfikiran pastinya bagaimana mengakses file explore ya? Jika di sistem operasi windows ada windows explore maka di sistem operasi Liinux pun ada yang namanya: thunar, nautilus, dolpin, dll. Kenapa banyak? Berbagai distribusi GNU/Linux pastinya memberikan ciri khas tersendiri terhadap file manager yang dipaketkan pada sistem operasinya. Sebagai contoh file manager thunar di bawah ini.

thunar-file-managerGambar Thunar

Menggunakan aplikasi perkantoran
Anda sering membuat dokumen seperti word, excel, power point. Jangan khawatir, pada sistem operai Linux (misalkan Linux Mint) sudah tersedia dan tidak perlu menginstal lagi. Gunakanlah aplikasi LibreOffice. Aplikasi ini terdiri dari LibreOffice Writer (pengganti Ms. Word), LibreOffice Impress (pengganti Ms. Power Point), LibreOffice Calc (pengganti Ms. Excel), LibreOffice Draw (pengganti Ms. Publisher), LibreOffice Base (pengganti Ms. Acces)

libreofficeGambar LibreOffice

Menjelajah Internet
Sering menjelajah internet untuk bisnis maupun sosial media, tenang saja Anda jangan khawatir untuk tidak bisa berinternetan. Di sistem operasi ini sudah tersedia aplikasi mozilla firefox yang tidak perlu lagi menginstal secara manual.

firefoxGambar Firefox

Mendesain dan Edit Foto
Anda juga seorang desainer grafis atau bahkan fotografer. Jika sering menggunakan produk dari Adobe entah apa saja dan produk dari CorelDraw sekaranglah Anda beralih. Gunakanlah aplikasi Inkscape dan Gimp sebagai penggantinya. Kok ga ada ya aplikasinya? Okey, instal saja secara manual caranya menggunakan terminal juga:

$ sudo apt-get install gimp
$ sudo apt-get install inkscape

inkscapeGambar Inkscape

gimpGambar Gimp

Dari aplikasi di atas semuanya apakah Anda masih saja tidak menggunakan secara maksimal? Okey, pelan – pelan saja dalam mengoperasikannya. Kemungkinan kesulitan pasti ada, dari antarmuka, menu – menu yang ada di aplikasi, tempat tools yang berbeda lokasi dan masih banyak lagi.

Tips dari saya:

Untuk mengoperasikan berbagai aplikasi tersebut harus :
~ Dipaksa menggunakannya
~ Mencari referensi yang cukup, googling, ke forum atau komunitas dengan bertanya tips dan triknya.
~ Setiap menyalakan komputer selalu tujuan pertama adalah sistem operasi Linux Mint, jangan yang lain.
~ Praktikan terus satu atau dua bulan penuh. Nanti akan punya pengalaman yang luar biasa dari apa yang Anda lakukan.

Saya saat ini telah melakukan seperti apa yang saya tuliskan. Jadi jangan khawatir Anda ada temannya.

2 komentar

  1. Hi bro.

    saya sudah hampir seminggu menggunakan linux mint 64 bit. Tapi terkadang ada kendala lemot. Minta sarannya dong?

    terima kasih

    Suka

    1. hai, juga om Budi, maaf sebelumnya baru membalas.

      Lambatnya itu ada proses yang berjalan apa saja?

      informasi mesin komputer/laptop bagaimana?

      Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.