System Log Viewer


Apa sebenarnya log viewer? Adalah sebuah informasi sistem yang telah diproses pada sistem operasi komputer. Log sistem ini sebenarnya bisa dicari di direktori /var/log. Namun hal tersebut akan sedikit membingungkan bagi pengguna awam seperti saya. Ada yang namanya versi GUI yakni Log Viewer. Aplikasi ini akan sangat membantu untuk melihat informasi log sistem Anda.

Sistem operasi yang saya gunakan yakni Linux Mint 17 Xfce 64 bit. Kebetulan saya sedang mengalami error notifikasi. Nah, saya coba mencari log sistemnya, tetapi tidak ada. Nah loh kok tidak ada. Hem, seharunya ada di menu System >> Log Viewer. Namun entah memang dari developnya Linux Mint tersebut tidak menyertakan langsung aplikasi itu. Atau bagaimana entahlah.

Ujung – ujung saya harus menginstal secara manual Log viewer ini. Dengan bermodal internet yang cukup dan aplikasi terminal saya ketikan mantra berikut ini:

$ sudo apt-get install gnome-system-log

Sekarang sudah bisa melihat informasi log sistem di komputer saya. 😀

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.